.

[Ulasan Website Baru] Alhamdulillah...tambahan website referensi ilmiah umat Islam dirilis!!

Snapshot tampilan halaman depan website
Alhamdulillah... segala puji hanya bagi Allah subhanahu wa ta'ala. Shalawat dan salam kita mintakan kepada Allah semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, seluruh keluarga dan shahabat & shahabiyah beliau.

Pada postingan kali ini, kami berkesempatan menghadirkan kabar gembira kepada pembaca sekalian, bahwa telah hadir bagi kita semua segenap umat Islam dan manusia manapun yang ingin mempelajari keindahan Islam, sebuah website referensi ilmu-ilmu tentang Islam. Dengan demikian telah bertambah lagi bagi kita semua wadah khasanah yang menyejukkan setiap orang yang ingin melepaskan dahaga akan ilmu-ilmu Islam yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadits berdasarkan cara memahami yang benar dan selamat.

Alhamdulillah, merupakan salahsatu dasar meluapnya kegembiraan kita adalah, bahwa website ini diasuh oleh seorang ustadz alim yang begitu populer di kalangan para penuntut ilmu Al-Qur'an dan Hadits di Indonesia. Beliau adalah Al-Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc -semoga Allah menjaga kami dan beliau dalam kebaikan-. Ya...pada nama "Badrussalam" beliau, tersemat kun-yah "Abu Yahya", yang mana demikianlah dikenal panggilan Islam bagi beliau. Untuk mengetahui tentang beliau lebih lanjut silahkan lihat langsung di website tersebut.

Website yang dari tanggal postingan awalnya rilis pada tanggal 15 November 2011 ini dikelola oleh saudara-saudara kita dari yufid.org. Tampilan website tampak dihadirkan dengan nuansa yang sederhana, ringan, dan menyejukkan pandangan mata. Dengan ditopang cms (content management system) berbasiskan blog, website ini berupaya memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk menjelajahi keseluruhan isi website. 

Seperti yang bisa kita lihat dari snapshot yang kami hadirkan pada gambar di samping (silahkan klik snapshot untuk memperbesar tampilannya), perwajahan blog dibagi menjadi 4 bagian, yakni: header, konten, sisi kanan, dan footer. Pada bagian header, website ini tampil cantik dengan menghadirkan gambar-gambar yang memiliki relevansi dengan konten-konten yang dimuat dalam website sendiri. Selain itu, pada bagian header ini juga diberikan 3 (tiga) menu utama yang berisi link-link utama, diantaranya: Home, Profil dan Takhossus 'Ulum Syar'iyyah. Menu "Home" merupakan link yang tertuju ke halaman depan website. Menu "Profil" merupakan link yang tertuju pada halaman yang memuat profil Al-Ustadz Abu Yahya Badrussalam,Lc. Dan terakhir menu yang diberikan "Takhossus 'Ulum Syar'iyyah tertuju ke halaman yang memuat perihal suatu lembaga pendidikan Islam di mana Al-Ustadz Abu Yahya Badrussalam,Lc menjadi salahseorang tenaga pengajarnya.

Lalu pada bagian konten, mula website ini menghadirkan penggalan-penggalan dari keseluruhan isi sebuah postingan. Di mana pada setiap mula website, menghadirkan setidaknya ada 8 (delapan) penggalan dari 8 postingan berbeda. Jika pengunjung ingin 'meneguk' isi dari suatu postingan, maka pengunjung cukup mengklik salahsatu judul dari postingan yang diinginkan. Atau, pengunjung juga bisa mengklik link yang berupa frasa "Read More" yang ada di akhir setiap penggalan. Di akhir setiap per 8 (delapan) penggalan postingan yang ada di satu mula website, maka pengunjung diberikan pilihan berpindah halaman mula website, apakah menuju 8 penggalan yang lebih baru, ataukah menuju 8 penggalan yang telah lalu. Jika ingin menuju yang lebih baru, pengunjung hanya butuh mengklik "Next Entries". Dan, apabila ingin menuju yang telah lalu, tinggal mengklik "Older Entries".

Sebagaimana yang telah disebutkan lalu, selain bagian header dan konten, website ini juga dilengkapi dengan bagian sisi kanan dan footer. Pada bagian sisi kanan, tersedia beberapa kolom. Pada saat kami mengakses website tersebut (tanggal 20 November 2011), ada 6 (enam) kolom berbeda yang disediakan, yaitu:  Tentang Kami, Arsip Artikel, Kategori, Artikel Terbaru, Komentar, dan Link Islami. Kolom "Tentang Kami" memuat profil website sendiri. Kolom "Arsip Artikel" adalah kolom yang memuat pengelompokkan seluruh postingan website dalam pembagian bulanan. Kolom "Kategori" ialah kolom yang memuat jenis-jenis kategori yang mencakup keseluruhan tema postingan website. Yang mana, pada saat tanggal kami mengakses tersebut di atas, ada 5 (Lima) kategori yang telah disusun rapi, yakni: Aqidah, Hadits, Konsultasi Agama, Nasihat, dan Penyujian Jiwa. Berlanjut setelah kolom "Kategori" ada kolom "Artikel Terbaru" yang memuat urutan judul artikel yang paling baru berada di posisi teratas. Kolom "Artikel Terbaru" ini seperti yang tampak dibatasi hanya untuk per 8 postingan terbaru saja. Kemudian setelah itu ada kolom "Komentar". Kolom ini memuat komentar-komentar yang tayang di semua postingan yang ada. Sama halnya dengan kolom "Artikel Terbaru", kolom "Komentar" juga dibatasi hanya untuk per 8 komentar terbaru saja. Dan terakhir, ada kolom "Link Islami" yang memuat tautan-tautan website lain yang direkomendasikan dari website ini. Dan, bagian terakhir dari tampilan website ini adalah bagian footer yang berisi informasi tentang pengembang website ini.

Sudah tidak sabar untuk menikmati website ini seluruhnya?? Baiklah, silakan segera klik di sini (website akan hadir pada jendela baru)

Demikian postingan ini disampaikan. Apabila pembaca menemukan dan/ atau merasakan kesalahan dan kejanggalan, mohon kiranya menerima permohonan maaf yang setulus-tulusnya dari kami. Terima kasih.
Wallahu a'lam.
Shalawat dan salam semoga diberikan Allah subhanahu wa ta'ala kepada Nabi Muhammad, seluruh keluarga dan shahabat beliau. Wabillahi taufiq.

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply